Microsoft Outlook
A. Pengertian
Microsoft Outlook
Microsoft Outlook
adalah sebuah program untuk manajemen informasi personal yang membantu mengatur
waktu dan informasi secara lebih efektif serta memungkinkan penggunanya untuk
berbagi informasi antar sesama dengan lebih mudah. Microsoft Outlook juga
sebuah aplikasi pengelolaan klien email dan workgroup yang dikeluarkan oleh
Microsoft, salah satu perusahaan software terbesar pimpinan Bill Gates.
Aplikasi ini biasanya menjadi paket dalam MS Office, sehingga untuk
menginstallnya dapat dilakukan bersama-sama dengan MS Office.
Electronic mail atau
e-mail, adalah bentuk komunikasi yang sangat penting pada saat sekarangini.
Pada Outlook dapat ditemukan semua tools yang dibutuhkan untuk mengatur dan
menggunakan e-mail secara efektif.
Selain untuk
pengelolaan email, Outlook juga mempunyai beberapa fasilitas lain seperti
pengelolaan kalender kerja, meeting, jadwal tugas dll. Sebelum menggunakan
Outlook ada baiknya terlebih dahulu kita mengenal menu-menu utama dari Outlook
itu sendiri.Bagian-bagian dari Outlook sebagai berikut:
1. Folder
List
Folder List
menampilkan semua folder yang ada, seperti Inbox, Personal Folders, dan Public
Folders.
2. Toolbar
Toolbar berisi
shortcuts dari perintah yang umum digunakan, seperti “New Mail Message“,
“Print“, dan”Print Preview“.
Note: Toolbar dapat
diubah sesuai dengan keperluan/keinginan kita.
3. Status
Bar
Status Bar
menunjukkan banyaknya pesan yang ada pada folder yang ditunjuk, dan berapa
banyak pesanyang belum dibaca jika ada.
4. Outlook
Bar
Sama seperti Folder
List, Outlook Bar berisi shortcuts untuk fasilitas yang ada pada Microsoft
Outlook, seperti Calendar, Contacts, and Tasks.
B. Fungsi
Microsoft Outlook
Microsoft outlook
2010 mempunyai fungsi yang unik. Fungsi ini biasanya hanya digunakan untuk
mengirim dan membaca surat-elektronik, program ini juga memiliki fungsi
kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal. Bila digunakan bersama dengan
Microsoft Exchange Server, Outlook dapat menyediakan akses kotak surat,
kalender, dan jadwal bersama. Namun karena banyak lubang keamanan dalam
Outlook, program ini sering digunakan untuk memasukkan virus, misalnya lewat
attachment surat-elektronik. Beberapa contoh virus yang disebarkan lewat cara
ini adalah Melissa dan Sobig. Microsoft publisher 2010 mempunyai fungsi yaitu
digunakan untuk Desktop publishing.
Microsoft Outlook
2010 mencakup fitur baru dan kemampuan untuk membantu Anda tetap terhubung
dengan orang-orang dan lebih baik mengelola waktu Anda dan informasi.
kelebihan Microsoft
Outlook 2010:
1. Expanded pita
Pertama kali
diperkenalkan di Microsoft Office Outlook 2007, pita adalah bagian dari
antarmuka pengguna Microsoft Office Fluent. Hal ini dirancang untuk membantu
Anda dengan cepat menemukan perintah yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan
tugas. Perintah diatur dalam kelompok logis yang dikumpulkan bersama di bawah
tab. Di Outlook 2010, pita telah menggantikan mantan menu di jendela utama
Outlook. Selain itu, pita dapat disesuaikan untuk memasukkan tab kustom yang
Anda dapat mempersonalisasikan untuk lebih cocok dengan gaya kerja Anda.
2. Ruang
Opsi untuk mengatur account Anda.
Outlook Banyak
pengaturan yang tidak terkait langsung dengan menciptakan atau mengelola barang
Outlook, seperti perintah cetak dan pilihan manajemen account, kini dalam
tampilan Microsoft Office Backstage. Klik File untuk mengatur account Anda,
membuat peraturan dan Otomatis Jawaban, dan menemukan pilihan di belakang layar
lainnya.
3. Melihat
lebih dari pesan Anda.
Pandangan percakapan
ditingkatkan sekarang tersedia bila Anda bekerja dengan pesan Anda. Pandangan
ini meningkatkan pelacakan dan mengelola pesan terkait, terlepas dari folder
yang berisi pesan. Anda dapat melihat program lengkap percakapan, termasuk
tanggapan Anda, menemukan respon paling baru, dan lebih mudah menentukan pesan
yang paling penting bagi Anda. Anda juga dapat dengan mudah mengkategorikan
atau mengabaikan percakapan lengkap. Untuk informasi lebih lanjut, lihat
Pengantar Tampilan Percakapan.
4. Proses
dan file pesan Anda lebih cepat.
Langkah Cepat Matikan
perintah dan prosedur yang paling sering Anda gunakan ke dalam satu klik. Anda
dapat menyesuaikan default Langkah Cepat, dan membuat tombol sendiri yang
menggabungkan tindakan sering Anda. Langkah Cepat galeri termasuk tombol untuk file
satu-klik dan bendera, mengirimkan pesan kepada tim Anda, dan perintah populer
lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, lihat tugas-tugas umum atau
berulang-ulang Mengotomatisasi dengan Quick Steps.
5. Rapat
Balas Penjadwalan pertemuan adalah semudah membalas pesan. Saat membaca pesan,
Anda dapat menjadwalkan pertemuan dengan semua penerima pesan dengan perintah
Rapat baru Balas. Semua penerima pesan ditambahkan ke permintaan pertemuan baru
dalam satu klik. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Menanggapi pesan e-mail
dengan permintaan rapat.
6. Instant
Search perbaikan Outlook 2007 diperkenalkan Instant Search. Pada Outlook 2010
lebih mudah untuk mempersempit hasil pencarian Anda dengan menggunakan kriteria
seperti pengirim, subyek kata kunci, dan informasi lain seperti adanya
lampiran. Tab Perangkat Pencarian kontekstual mencakup seperangkat filter yang
efisien memfokuskan pencarian Anda untuk mengisolasi item yang Anda inginkan.
Untuk informasi lebih lanjut, lihat Cari pesan atau item dengan menggunakan
Pencarian Instan.
7. Clean
Up Percakapan Ketika pesan berisi semua pesan yang sebelumnya dalam Percakapan,
Anda dapat mengklik Clean Up untuk menghilangkan pesan-pesan berlebihan
lainnya. Misalnya, sebagai balasan orang untuk Percakapan suatu, tanggapan
adalah di bagian atas dan pesan-pesan sebelumnya dalam Percakapan di bawah.
Alih-alih meninjau setiap message, tetap hanya yang paling terbaru yang
mencakup seluruh Percakapan. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Menggunakan
Percakapan Clean Up untuk menghilangkan pesan berlebihan.
8. Bekerja
lebih cerdas dan lebih efisien dengan pesan.
Mail Tips Outlook
2010 meliputi Mail Tips, yang membantu Anda menghindari umum, tapi kesalahan
berpotensi mahal atau memalukan. Tips mail alert bisa dipicu oleh tindakan
termasuk mengklik Balas Semua ke daftar penerima yang besar, mengirimkan
informasi yang sensitif kepada seseorang di luar organisasi anda, atau mengirim
pesan kepada seseorang yang berada di luar kantor. Untuk informasi lebih
lanjut, lihat Mengaktifkan atau menonaktifkan Mail Tips.
9. Auto
- perbaikan Daftar Lengkap Lebih mudah untuk menghapus nama dari Auto - Daftar
Lengkap saran, dan ketika Anda menggunakan account Microsoft Exchange Server,
Daftar Anda Auto-Complete tersedia dari komputer manapun yang Anda menggunakan
Outlook dengan account Exchange Anda. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Hapus
nama dari Auto daftar lengkap.
Adapun kegunaan lain
dari Outlook, yaitu:
1. Mengirim
dan menerima pesan e-mail.
2.
Menyertakan (attach) file kedalam
pesan e-mail.
3.
Membuat dan mengatur buku alamat (address book)
4.
Mengatur dan mengarsipkan pesan e-mail.
5.
Personalisasi pesan e-mail.
6.
Melakukan penjadwalan
Jika kita bekerja
dengan Outloo komputer kita harus tersambung pada internet atau komputer kita
harus tersambung pada local area network (LAN) dengan sebuah komputer server
yang menjalankan Microsoft Exchange Server. Kita juga dapat terhubung ke ISP
menggunakan sebuah modem dan line telepon, high-speed connection seperti DSL
atau kabel, atau melalui LAN, sebagai berikut:
1. Jika
kita menggunakan modem, kita dapat secara manual melakukan koneksi ketika kita
membutuhkannya, atau kita dapat melakukan set up dial-up networking untuk
secara otomatis melakukan koneksi kapanpun kita membuka Outlook. ISP kita akan
memberikan nomor telepon, setting modem, dan informasi khusus lainnya yang kita
butuhkan untuk melakukan koneksi.
2. Jika kita terhubung ke LAN, maka harus dilakukan
konfigurasi untuk memberikan akses ke ISP kita dari komputer kita,
Network/system administrator kita dapat memberikan informasi mengenai bagaimana
untuk memperoleh akses ke internet mail melalui LAN.
Tanpa mempedulikan
bagaimana kita terhubung ke ISP, untuk mengirim dan menerima Internet mail,
kita perlu mengetahui nama dari incoming (masuk) dan outgoing (keluar) mail
server, nama account, dan password kita. Outlook mendukung tiga tipe Internet
mail account, antara lain:
1. Post
Office Protocol 3 (POP3) yaitu sebuah protocol
yang digunakan untuk mengambil e-mail dari internet e-mail server. Dengan POP3
account kita melakukan koneksi ke e-mail server dan mendownload e-mail ke
komputer kita.
2. Internet Message Access Protocol
(IMAP) yaitu hampir sama dengan POP3, hanya saja e-mail
disimpan pada e-mail server. Kita melakukan koneksi ke e-mail server untuk
membaca e-mail header, dan memilih e-mail mana yang ingin didownload ke
komputer kita.
3. Hypertext Transfer Protocol
(HTTP) yaitu Protocol yang digunakan ketika mengakses
web page dari internet, Ketika HTTP digunakan sebagai e-mail protokol, e-mail
disimpan, diambil dan ditampilkan sebagai Web page individual. Hotmail adalah
contoh HTTP e-mail account.
C. Penggunaan
Microsoft Outlook Untuk Pengelolaan Email
1. Membaca
Email
Untuk membaca email
pastikan Outlook berada pada folder “Inbox”, cukup dobel klik pada pesan yang
ingin dibaca. Pesan akan terbuka pada jendela baru. Untuk mengetahui adanya
pesan baru, pada windows toolbar ( sudut kiri monitor ) akan diberi tanda
amplop yang diiringi dengan suara “ding” sebagai bunyi default untuk email yang
tiba pada Outlook.
2. Membaca
File Attachment
Jika Anda menerima
pesan berisi file lampiran (attachment), di folder Inbox pada Outlook akan di
beri tanda paperclip disebelahnya. Untuk membuka fileattachment lakukan langkah
berikut :
1) Buka
pesan/mail message.
2) Akan
ada icon dengan nama file di body text.
3) Dobel
klik icon file. File attachment akan terbuka sesuai dengan program aplikasinya.
Anda bisa menyimpannya atau menutup saja filenya.
Cara menyimpan file
attachment.
1) Sorot
file attachment
2) Klik
menu File – kemudian Save attachment.
3) Pilih
folder tempat menyimpan file yang diinginkan.
3. Membuat
Sub Folder pada Inbox.
Apabila kita ingin
mengelompokkan email dan menempatkannya pada folder tertentu hal ini dapat
dilakukan dengan membuat folder baru di dalam folder Inbox.
Lakukan langkah
berikut :
1) Pada
folder Inbox klik File
2) Pilih
New – pilih Folder
3) Ketik
nama folder pada kolom yang tersedia.
4. Menggunakan
“Message Rule”
Message Rule berguna
untuk mengatur email agar dapat diterima sesuai dengan aturan yang diinginkan.
Juga berguna untuk mengelompokkan email pada folder tertentu maupun untuk
memblok email yang tidak kita inginkan ( iklan, spam, pornografi, dsb).
Untuk mensetting
Message Rule lakukan langkah berikut :
1) Pada
folder Inbox klik menu Tools
2) Klik
“Rules Wizard” ( Akan muncul menu untuk “rules wizard”)
3) Klik
tombol New
4) Pilih
aturan sesuai keinginan (contoh “check message when they arrive” ), akan
memeriksaemail begitu tiba.
5) Klik
Next
6) Pilih
lagi sesuai aturan yang diinginkan ( contoh “with specific word in the sender’s
address” ), akan memeriksa kata-kata khusus pada alamat pengirim.
7) Klik
kalimat “specific word” yang digaris bawah.
8) Isi
sesuai dengan kata yang kita inginkan. (Mis: Didin)
9) Klik
Next kemudian pilih “move it to the specified folder” (akan memindahkan email
ke folder tertentu)
10) Klik
specified, akan muncul window folder daripada Outlook
11) Pilih
folder yang anda inginkan pada “Inbox” ( sub folder).
12) Klik
Next – kemudian beri nama/judul untuk message rule tadi
13) Klik
Finish
Ada kalanya kita
tidak ingin menerima email tertentu yang mengganggu. Untuk memblokir suatuemail
yang tidak kita inginkan (iklan, spam, pornographi, dsb ) lakukan langkah
berikut:
1) Pada
folder Inbox klik Tools
2) Klik
“Rules Wizard” ( Akan muncul menu untuk “rules wizard”)
3) Klik
tombol New
4) Pilih
aturan sesuai keinginan (contoh “check message when they arrive” ), akan
memeriksaemail begitu tiba.
5) Klik
Next
6) Pilih
with “specific word in the body” ( akan mencek kata-kata yang ada pada isi
pesan)
7) Kemudian
ketik/tambahkan kata-kata apa saja yang ingin Anda sensor/blok.
8) Klik
Next kemudian pilih/cek “Delete it” ( akan langsung menghapus pesan bila tiba )
9) Klik
Next – kemudian beri nama/judul untuk message rule tadi.
10) Klik
Finish
5. Menggunakan
“Message Rule”
Untuk membuat pesan
(message) baru pada Outlook ikuti langkah berikut:
1) Pada
folder Inbox, klik menu File
2) Sorot
New
3) Klik
menu Mail Message
Ada 3 jenis tujuan
pengiriman yaitu : To, Cc dan Bcc. Deskripsinya sebagai berikut:
![*](file:///C:\Users\DUTA\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
![*](file:///C:\Users\DUTA\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
![*](file:///C:\Users\DUTA\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.gif)
Setelah menentukan
bagaimana dan kemana pesan akan dikirim, ikuti langkah berikut :
1) Klik
tombol pengalamatan (addressing) (To, Cc, or Bcc).
2) Pada
kolom “Show Names From The :” , pastikan address list yg benar telah dipilih,
klik tanda panah down untuk memilih.
3) Dobel
klik ( tekan To->, Cc->, Bcc-> ) nama orang yang ingin dikirim. Anda
dapat memilihlebih dari satu nama dengan dobel klik pada nama tsb.
4) Klik
tombol OK . Anda akan kembali ke menu pesan/New Mail Messagedengan alamatemail
yang telah dipilih tadi.
5) Masukkan
text pada halaman isian pesan
6. Pemakaian
Group
Anda dapat mengirim
email ke Group tertentu, yang terdiri dari gabungan beberapa alamat email. Hal
ini berguna untuk memudahkan pengiriman email ke banyak alamat sekaligus dalam
satu Group daripada menuliskan alamat email satu-persatu. Untuk membuat Group
akan dibahas pada bab selanjutnya. Untukmengirim ke Group lakukan langkah
berikut :
1) Klik
“To” pada pengiriman email. Akan muncul menu Address Book.
2) Pada
kolom “Show Names from the : “ pilih All Groups ( atau ditempat mana anda
membuat groups).
3) Klik
Ok dan Send
7. Mengirim
Attachments ( file lampiran)
Jika Anda ingin
menyertakan sebuah file atau lebih pada pesan Anda, seperti dokumen atau
spreadsheet, lakukan langkah berikut:
1) Seperti
biasa, buat pesan baru beserta elamat emailnya.
2) Setelah
selesai mengetik pesan tekan tombol Insert pada toolbar.
3) Klik
File.
4) Cari
file yang ingin anda sertakan.
5) Dobel
klik pada file yang akan disertakan
Setelah itu file akan
dimasukkan ke dalam pesan dan siap disertakan. Cara singkat lain adalah dengan
drag and drop file dari desktop atau Windows Explorer ke body pesan.
8. Membalas
( Reply ) Pesan
Ketika menerima dan
telah membaca sebuah pesan (email) kemungkinan Anda ingin langsung membalas
pesan ke orang yang mengirimnya. Untuk melakukan hal tersebut lakukan langkah
berikut :
Standard Reply
1) Pada
folder Inbox doble klik email yang ingin Anda balas.
2) Klik
tombol Reply .
3) Alamat
pengirim akan otomatis tercantum pada bagian To:
4) Ketik
pesan anda pada body pesan.
5) Klik
Send.
6) Reply
To All
Fungsi reply to all
akan membalas pesan kepada semua penerima pesan yang dituju oleh pengirim
pertama.
9. Of
Office Assistant
Ms Outlook
menyediakan fasilitas autoreply, dimana Outlook akan otomatis membalas email
yang datang. Jika Anda berada diluar kantor atau sedang tidak ditempat, Anda
bisa otomatis mengirim reply pesan keorang yang mengirim anda pesan, sehingga
orang itu tahu bahwasannya Anda belum membaca pesan yang telah dia kirim. Hal
ini kita lakukan dengan memanfaatkan fasilitas Outlook yang disebut “Out Of
Office Assistant “. Untuk melakukannya lakukan langkah berikut :
1) Klick
Tools pada toolbar.
2) Klik
Out Of Office Assistant.
3) Jendela
Out Of Office Assistant akan muncul. Klik radio button disebelah “I am
currentlyout of the office” dan ketik pesan yang ingin Anda sampaikan pada
kotak yang tersedia.
4) Klik
tombol OK.
10. Forward
( Meneruskan ) Pesan
Ketika Anda sudah
membaca pesan, dan ingin juga menyampaikan/meneruskan pesan tersebut ke orang
lain, lakukan langkah berikut :
1) Buka
email/pesan yang ingin Anda teruskan ke orang lain.
2) Klik
tombol Forward . Masukkan alamat email penerima. Anda dapat menambahkan
komentar di body text pesan jikadiinginkan.
3) Setelah
selesai, klik Send.
11. Pemakaian
Signature
Kita juga dapat
menyertakan “signature” atau tanda tangan elektronik, biasanya ditempatkan pada
bagian bawah email kita. Signature terlebih dahulu dibuat formatnya sehingga
sewaktu mengirim email tidak perlu dilakukan berulang-ulang tetapi secara
otomatis akan tertera pada bagian bawah email kita. Untuk melakukannya ikuti
langkah berikut:
1) Pada
Outlook klik menu Tools
2) Pilih
Options
3) Pilih
Mail Format ( ada di atas )
4) Kemudian
klik tombol “Signature Picker” akan muncul window untuk mengedit “signature”
5) Pilih
New – masukkan nama untuk “signature” Anda.
6) Klik
Next – Ketik sesuai yang Anda inginkan, demikian juga anda bisa memilih warna
dan bentuk dari font.
7) Klik
Finish
Signature biasanya
berisi jabatan dan alamat pengirim e-mail, sehimgga penerima dapat mengenal
identitas pengirim.
12. Pengelolaan
Personal Address Book/Alamat Email
Outlook menyediakan
fasilitas Address Book untuk mengelola semua alamat email yang
ada,mengelompokkannnya secara personal maupun dalam beberapa Group.
Personal Address Book
berisi alamat e-mail beserta informasi atau data-data dari orang yang ingin
Anda simpan. Untuk membuka Personal Addres Booklakukan langkah2 berikut :
1) Klik
menu “Tools” pada toolbar.
2) Klik
“Address Book“.
Secara otomatis
(default) akan menampilkan “Global Address List” yang berisi alamat e-mail yang
telah terdaftar.
13. Menambah
alamat email ke Outlook Address Book :
Untuk menambah alamat
email ke Outlook Address Book, lakukan langkah berikut :
1) Klik
tanda panah dibawah “Show Names from the:” pilih Outlook Address Book
2) Klik
File.
3) Klik
New Entry.
4) Pilih
New Contact from the list and klik “OK“.
5) Pada
isian Full Name, ketik nama lengkap.
6) Pada
isian Email : ketik alamat lengkap e-mail orang tersebut.
Contoh :
hrn1328@yahoo.com
Post a Comment