Microsoft OneNote

                                           Microsoft OneNote



Pengertian Serta Fungsi Microsoft One Note

Microsoft onenote adalah salah satu kesatuan dari Microsoft office, yang berfungsi sebagai organizer atau notebook yang berguna untuk menyimpan catatan-catatan kita. Onenote juga dapat menampung file-file digital yang kita miliki sehingga kita dapat memiliki sebuah penampungan yang terorganisir dengan rapi.

       Yang dapat saya pahami bahwa Onenote merupakan software yang sangat berguna untuk menulis catatan-catatan kecil, materi-materi kuliah, jadwal kegiatan, planing-planing ke depan, mencatat ide-ide, dll. Software ini seperti buku praktis elektronik atau notebook yang bisa digunakan kapan saja, semua yang ditulis dapat terorganisir dan termenagement semua oleh software ini. Salah satu tujuannya adalah untuk mempermudah mencari tulisan-tulisan yang disimpan atau tulisan-tulisan yang penting.






   Dalam pengertian lain bahwa microsoft onenote adalah salah satu progam yang dikhususkan untuk mencari kepentingan atau keperluan catatan yang terdapat di dalamnya berbeda dengan microsoft word yang hanya merupakan progam pengolahan kata. Dengan menggunakan progam onenote bisa dengan mudah mencatat atau menulis ide yang ada dalam fikiran dengan rapi, teratur dan sistematis. Onenote juga dapat mengatur ide-ide tersebut dengan lebih baik dari pada microsoft word.


    Di dalam progam onenote terdapat fasilitas search, apabila lupa di mana tempat menulis  atau mencatat suatu dokumen maka dapat secara mudah untuk menemukannya, bisa juga menaruh atau mengisinya dengan foto-foto atau dokumen lainnya yang diinginkan di dalam progam tersebut, bisa juga untuk mengedit fasilitas yang ada supaya progam onenote yang digunakan menjadi terlihat lebih bagus dan lebih indah dipandang. 

Apa manfaat One Note 

Seperti halnya buku catatan, OneNote bisa kamu gunakan untuk menulis apa saja. Misalnya saja:
  • Menulis To do List
  • Mencatat Ide
  • Membuat Project Plan
  • Menulis Resep
  • Mencatat Shopping List
  • Mengkomentari Desain
  • Menulis Quick Notes
Fungsi One Note

1. Aplikasi Microsoft One Note memiliki beberapa fungsi/ manfaat antara lain
2. Untuk mencatat ide Untuk menulis To Do List
3. Membuat Project Plan
4. Membuat Resep Mencatat Shopping List
5. Menulis Quick Notes  dan lain lainyya.

Apa Kelebihan OneNote?

Dari sekian banyak software untuk mencatat sesuatu, OneNote memiliki beberapa kelebihan seperti:
Terintegrasi dengan Microsoft Office
Kamu bisa memasukkan berbagai dokumen Office lain seperti Word, PowerPoint, Excel, dan Outlook kedalam OneNote. Kemudian kamu bisa mengkomentari, menambahkan catatan, atau mencorat-coret sesuai keperluan.
Bisa Memasukkan Apa Saja Dimana Saja
Kamu bisa menambahkan checklist, gambar, dokumen office, catatan, tulisan tangan, coretan, screenshot, highlighter (stabilo), data, grafik, audio, dan berbagai elemen lainnya. Posisi meletakkan elemen tersebut juga tidak dibatasi oleh area, artinya kamu bisa meletakkannya di area manapun yang kamu inginkan.
Sinkronisasi dengan SkyDrive
OneNote khususnya di versi Office 2013 sudah otomatis tersinkronisasi dengan SkyDrive. Dengan begitu dokumen kamu akan tersimpan secara online dan bisa diakses dimanapun.
Mudah dalam Berkolaborasi dan Berbagi Catatan
Dokumen OneNote (notebooks) bisa dibagikan dengan rekan kerja atau teman melalui menu share yang telah disediakan. Kamu juga bisa berkolaborasi dengan rekan kerja dan menyelesaikan catatan secara bersama-sama.

Apa Kekurangan OneNote?

Dari segi fitur dan kemudahan, OneNote hampir tidak memiliki kekurangan. Software ini menjadi software pencatat dengan fitur yang paling lengkap.
Salah satu kekurangan OneNote adalah harganya yang mahal. Satu aplikasi OneNote dijual dengan harga $69.99 dan menjadi bagian dari paket Microsoft Office dimana paket termurahnya dijual dengan harga $139.99.
Selain itu OneNote bakal lebih termanfaatkan dengan baik jika pengguna memiliki layar touchscreen atau pen drive. Jika hanya menggunakan mouse, cukup sulit untuk bisa menulis tulisan tangan atau mencorat-coret di OneNote.

Pemanfaatan OneNote oleh WinPoin

WinPoin memanfaatkan OneNote untuk mencatat setiap planning dan juga to do list. Berbagai koreksi desain dsb juga WinPoin catat di aplikasi tersebut.

Tidak ada komentar